Manfaat & Bahaya Listrik
Oleh: Setio B.

Listrik pada umumnya dikenal sebagai sumber energi yang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan kita, beberapa manfaat yang dapat kita rasakan antara lain adalah pengunaan listrik untuk lampu penerangan, motor listrik seperti kipas angin, motor pompa air, blender, pada sistim pendingin seperti lemari es, air conditioning atau ac, serta sistim pemanas seperti setrika listrik, pemanas air, penanak nasi rice-cooker dan lain-lain.

Sedikit pengenalan tentang listrik yang perlu kita ketahui adalah, dimana listrik ini dapat dibedakan sesuai sifat dan karakternya dalam dua jenis yaitu; Listrik AC ( Alternatif Curent ) listrik yang arusnya mengalir dua arah bolak-balik dan Listrik DC ( Direct Curent ) listrik yang arusnya mengalir searah. Sumber catuan listrik ini didapat dari berbagai sumber seperti, pada arus AC antara lain adalah pembangkit listrik uap ( PLTU ), pembangkit listrik tenaga air ( PLTA ) atau pembankit listrik tenaga diesel ( PLTD ) yang umum dimiliki oleh PLN untuk disalurkan kepada pelanggannya yang juga sering disebut sebagai sumber listrik dari PLN, sedangkan untuk lisrik DC pemenuhan penggunaannya antara lain untuk kebutuhan yang tidak permanen atau sesekali saja seperti, lampu senter, radio transistor, calculator, jam dinding, electrik motor stater pada kendaraan bermotor dan lain-lain. Untuk sumber daya listrik searah ini didapat dari Battery atau Accu.

Selain untuk kebutuhan umum, listrik juga dimanfaatkan dikalangan kedokteran untuk proses pertolongan dan pengobatan pasien.

Disamping manfaat listrik yang sudah kita ketahui, perlu diketahui juga sifat dan karakter listrik terhadap dampak dan bahayanya. Jika listrik tersebut tidak terkendali atau tidak terkontrol cara pemanfaatannya, listrik akan berdampak buruk atau akan mennjadi bencana. Diantara bahaya yang umum adalah seringnya terjadi musibah kebakaran baik di lingkungan pemukiman atau di lingkungan perindustrian yang mana
korsleting listrik atau hubungan arus pendek sering disebut-sebut sebagai penyebabnya. Fenomena itu umumnya banyak menelan korban harta benda bahkan sampai merenggut jiwa manusia.

Dari sifat dan karakternya listrik ini dapat disebut sebagai " Sesuatu yang tidak terlihat namun dapat dirasakan akibatnya". Untuk mencapai akibat dari manfaat listrik dan juga bahaya nya, listrik ini memerlukan media yang disebut penghantar atau jaringan instalasi. Jika listrik dapat dikendalikan dari sumbernya melalui jaringan penghantar sampai kepada titik-titik penggunaan pemanfaatanya, maka akibat dari manfaat ini dapat dirasakan sesuai kebutuhan yang diinginkan, sebaliknya jika listrik tidak dapat dikendalikan maka dapat dipastikan bahwa listrik ini menjadi berbahaya dan
akan menimbulkan kerusakan kerugian harta benda bahkan dapat merengut jiwa manusia.

Beberapa indikasi yang mudah dan perlu diketahui apakah listrik di rumah anda tidak aman antara lain;

• Saat turun hujan ada beberapa titik instalasi yang tidak berfungsi atau bahkan listrik mati.
• Jika ada penambahan penggunaan alat-alat yang membutuhkan listrik, sikring atau pemutus arus induknya trip/turun sehingga distribusi listrik terputus atau listrik mati.

Untuk mengatasi hal ini, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah;

• Mendata daya listrik yang tersedia dan daya listrik yang dibutuhkan, idealnya daya maximal yang digunakan adalah 95% dari dari daya listrik yang tersedia.
• Memeriksa Instalasi listrik yang ada, pastikan jaringan instalasi dalam kondisi baik serta tidak ada sambungan instalasi yang tidak trkoneksi dan tidak terisolasi dengan baik.

Jika hal tersebut tidak dapat dilakukan sendiri, disarankan untuk meminta bantuan kepada orang atau pihak lain yang sudah berpengalaman.

Selain untuk menunjang peralatan rumah tangga sehari-hari, listrik dapat juga digunakan sebagai media pengobatn altarnetif.

Impulsetherapy 
Cara Sehat Alternatif

© Agustsus 2010 - Setio B.

Komentar

Postingan populer dari blog ini